Seberapa Murah Tinggal di Yogyakarta? Dari Biaya Makan Hingga Kontrakan Semua Ada

Tidak sedikit orang yang menyatakan bahwa tinggal di Yogyakarta itu menyenangkan, selain memang suasananya yang bagus, ternyata biaya hidup di Yogyakarta juga terbilang murah loh! Penasaran semurah apa sih biaya hidup disana? Mari kita bahas bersama.


Beda dengan dengan Kota-Kota besar lainnya seperti Bandung atau Jakarta, yang dimana di Yogyakarta ini kamu masih bisa makan nasi lengkap dengan lauk pauknya hanya dengan harga 5000 rupiah saja seperti nasi kucing, meskipun porsinya kecil, namun rasanya sudah sangat jarang di Jakarta bisa menemukan nasi dengan lauk pauknya dengan harga 5000 rupiah saja, dan untuk makanan seperti nasi gudeg, ataun nasi soto maka kamu hanya membutuhkan budget sebesar 7 ribu sampai 8 ribu saja, bagaimana? Murah bukan?

Sedangkan untuk biaya tempat tinggal juga bisa di bilang murah loh, di Yogyakarta kamu bisa menemukan kontrakan dengan harga 450 ribu saja, namun tentu semuanya kembali lagi pada fasilitas yang disediakannya, karena kontrakan dengan harga 450 ribu ini biasanya hanya satu petak ruangan kosong saja, tanpa memiliki fasilitas tambahan, namun untuk fasilitas yang cukup exlusive pasti kamu juga butuh budget yang lebih tinggi.

Misal kontrakan atau kostan yang memiliki fasilitas AC, water heater, TV, tempat tidur, lemari, bahkan memiliki akses wifi dan juga free galon air mineral maka kamu harus memiliki budget minimal 1,5 juta, tapi jika di bandingkan denga Kota besar lainnya masih bisa di bilang murah, karena dengan harga 1,5 juta rupiah, di Jakarta kamu mungkin hanya bisa memiliki kamar dengan fasilitas tambahan AC dan tempat tidur saja. Sedangkan untuk yang fasilitas menengah seperti hanya memiliki tempat tidur, lemari, dan TV biasanya dibandrol dengan harga 500 sampai 600 ribu saja.

Jadi biaya hidup di Yogyakarta ini termasuk murah dan beda dengan kota-kota lainnya, namun semua itu kembali lagi ke gaya hidup masing-masing orangnya, karena tidak sedikit juga orang yang lebih suka untuk hidup bermewah-mewahan atau bahasa kerennya gaya hidup Hedon.

Sedangkan untuk kamu yang sudah berkeluarga sudah pasti kamu tidak bisa tinggal di suatu kontrakan kecil atau bisa disebut dengan kost-kostan, minimal kalian harus sewa kontrakan di Jogja dengan jumlah 2 kamar, ruang tamu minimalis, dapur, dan juga kamar mandi, nah untuk rumah kontrakan dengan kategori seperti itu harganya cukup bervariatif, dari mulai harga 7,5 juta pertahun, sampai dengan 14 juta pertahun, yang pasti harga sesuai dengan ukuran kontrakan atau sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Namun dari beberapa survei banyak yang menyatakan bahwa hidup di Yogyakarta ini tergolong lebih murah dari pada Kota-Kota lainnya, jadi untuk kamu yang akan tinggal di Yogyakarta entah itu untuk bekerja atau juga mengyam pendidikan disana, kamu tidak perlu akan biaya hidup yang akan mahal, karena jika kamu mampu hidup sederhana, maka kamu akan menemukan berbagai hal yang murah dan menyenangkan ketika tinggal disana, ditambah suasana di Yogyakarta ini bakalan bikin kamu gagal move on deh!

Dengan begitu misal kamu bekerja di Yogyakarta dan mampu hidup sederhana, maka kamu bisa pulang kampung dengan membawa cukup banyak tabungan, manfaatkan hidup murah disana untuk menabung untuk kamu gunakan di kampung halaman ya, terima kasih sudah membaca, dan semoga bermanfaat.